07 Januari 2018

RAPI Kota Mataram Bekali Bimtek Kepada Anggota

RAPI Kota Mataram Bekali Bimtek Kepada Anggota
Portalentebe.com - Anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) 04 Kota Mataram mendapat pembinaan teknis (Bimtek) di kantor Walikota Mataram pada Sabtu (6/1/2018).

Ketua RAPI 04 Kota Mataram Gede Ardana mengatakan RAPI merupakan organisasi komunikasi rado antar penduduk yang diakui dan disahkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai wadah resmi bagi pemilik Izin Komunikasi Radia Antar Penduduk (IKRAP), yang didasari atas kesamaan kegemaran berkomunikasi radio antar penduduk dengan tidak membeda-bedakan asal-usul suku, agama RAS dan golongan serta tidak memihak kepada salah satu organisasi sosial politik.

"RAPI adalah komunitas yang tidak memihak kepada organisasi sosial politik apapun, kita berada di RAPI adalah karena kesamaan hobi semata," katanya.

Sistematika jenjang tingkat kepengurusan RAPI, di tata mengikuti pola sistim pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada saat ini RAPI tunduk dan taat pada Permen Kominfo No. 3 Tahun 2015

Perubahan atas Permen Kominfo No.3 tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Komunikasi Radio Antar Penduduk (KRAP).

Gede Ardana menambahkan Musyawarah Nasional VII di Bogor tahun 2016 telah menyempurnakan AD/ART tahun 2011, walaupun belum sempurna, tetapi sudah dilakukan penyesuaian redaksi yang dilakukan  dengan bahasa serta hukum yang telah dilakukan sehingga beberapa perubahan penyebutan seperti diantaranya susunan Organisasi, struktur kepengurusan, pemilihan dan masa bakti kepengurusan serta tambahan kewenangan pengurus salah satunya Pembinaan Teknis yang diatur dalam Peraturan Organisasi No. 1 Tahun 2016.

Dijelaskan olehmya Amanat Musyawarah wilayah RAPI Wilayah 04 Kota Mataram pada bulan Apri 2017 menetapkan Pembinaan Teknis Anggota RAPI sebagai program kerja wilayah sekala prioritas disebabkan karena melihat perkembangan organisasi RAPI di wilayah Kota Mataram telah meningkat dengan pesat, sehingga perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas anggota dan pengurus ada.

"Jangan hanya jumlah saja yang banyak tapi harus dibarengi dengan peningkatan kapasitas dari anggota RAPI," tegasnya.

Diharapkan dengan Bimtek  bisa meningkatkan kualitas organisasi akan meningkat peran serta RAPI dalam mendukung pelaksanaan program organisasi sesuai dengan misi RAPI. Pelaksanaan pembinaan anggota dan pengurus merupakan tugas mulia dalam upaya mendorong partsipasi dan semangat pengabdian dan sehingga kegiatan komunikasi radio menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara.

"Melalui komunikasi yang rapi kita tingkat pembinaan sumberdaya anggota dalam hal manajemen organisasi sikap peka dan tanggap terhadap situasi lingkungan nasional," tutup Ardana.

Sementara Asisten I Pemkot Mataram yang membuka Bimtek RAPI Lalu Martawang menyatakan bahwa keberadaan RAPI di Kota Mataram sangat dibutuhkan keberadaannya dan sudah memberikan sumbangsih besar terhadap Pemkot Mataram. Buktinya dibeberapa kegiatan Pemkot Mataram RAPI selalu terlibat dalam menjaga keamanan dan kondusifitas daerah di kota Mataram.

"Pemkot Mataram menyampaikan terimakasih terhadap keberadaan RAPI di kota Mataram," ungkapnya.

Apa yang sudah dilakukan RAPI Mataram tentunya menjadi perhatian juga dari Pemkot Mataram, diharapkan kedepannya melalui keberadaan anggota yang berasal dari berbagai kalangan termasuk anggota DPRD, diharapkan tahun-tahun kedepannya Pemkot bisa memberikan intervensi program dan anggaran untuk keberadaan RAPI di Kota Mataram.(Dee)

About Author

Admin portalentebe
Admin portalentebe

Author & Editor

Gerbang Informasi Dari NTB.