20 Januari 2018

KPU NTB : Honor Petugas Pencatat Data Pemilih, Naik Empat Kali Lipat

Portalentebe.com - Guna meningkatkan motivasi kerja para Petugas Pencatat Data Pemilih (PPDP) yang akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) pada pilkada 2018 ini akan dinaikkan honornya.

Tidak tangung-tanggung kenaikan honor hingga empat kali lipat dari yang sebelumnya yang akan diperoleh petugas yang berada digaris terdepan untuk memastikan setiap warga yang sudah mempunyai hak pilihnya tercatat tersebut. 

"Terkait honor kami juga menaikkan honor PPDP hingga empat kali lipat dari sebelumnya," kata Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori kepada wartawan, Jumat (19/1/2018). 

Menurut Aksar jumlah honor yang akan diterima oleh PPDP yaitu sebesar Rp 1,6 juta untuk dua bulan. "Jika sebelumnya PPDP mendapat honor Rp200 ribu selama per bulan, namun sekarang kami bayar Rp800 satu bulan dan akan dibayar selama dua bulan," ungkapnya. 

Dikatakan Aksar bahwa keberanian untuk menaikkan honor bagi PPDP tersebut tidak lain adalah sebagai bentuk komitmen pihaknya agar PPDP bisa maksimal dalam bekerja. 

Ditambahakan Komisioner KPU NTB lainnya, Suhardi Suud bahwa jumlah PPDP yang dilibatkan dalam melaksanakan tugas coklit di NTB sebanyak 8.336 orang. Dimana jika dalam gerakan coklit serentak nasional tersebut, PPDP bekerja secara efektif selama 30 hari yaitu mulai tanggal 20 Januari hingga 18 Februari 2018 besok maka akan lebih dari Rp3,8 juta pemilih ter-coklit. 

Karena itu kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri dengan E-KTP, KK dan Suket pada saat nanti didatangi oleh PPDP agar bisa terdaftar dalam data pemilih. Namun jika nantinya tidak didatangi oleh petugas diharapkan masyarakat berperan aktif dengan melaporkan diri baik ke PPDP, PPS, PPK bahkan hingga ke KPU Kota Kabupaten dan bisa juga ke KPU Provinsi. 

Masyarakat juga perlu mengetahui bahwa petugas Coklit yang terjun ke tengah masyarakat dibekali dengan tanda pengenal atau identitas. (MN)

About Author

Admin portalentebe
Admin portalentebe

Author & Editor

Gerbang Informasi Dari NTB.