07 November 2017

Ternyata Menyimpan Telur di Pintu Kulkas Berbahaya

Portalentebe.com - Cukup banyak orang yang menyimpan telur di pintu kulkas karena dianggap bisa membuat telur menjadi lebih awet dan bersih. Selain itu, di pintu kulkas memang sudah disediakan tempat untuk menyimpan telur sehingga hal ini dianggap sebagai hal yang wajar. Namun, ada sebagian pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa menyimpan telur di pintu kulkas bisa berbahaya bagi kesehatan. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar makanan bernama Vlatka Lake yang berasal dari Space Station menyebutkan bahwa berbeda dengan pikiran kebanyakan orang, Ia justru menyebutkan bahwa telur yang disimpan di pintu lemari justru akan lebih cepat rusak. Menyimpannya di tempat tersebut justru akan membuat telur sering terpapar perubahan suhu yang drastis saat kita membuka dan menutup kulkas dan akhirnya membuatnya lebih mudah membusuk.

Sara Benwell yang berasal dari Good Housekeeping juga menyebutkan hal yang serupa. Ia juga menyarankan kita untuk menyimpan telur di suhu yang cenderung stabil, yakni di bagian rak tengah dari kulkas. Hanya saja, British Egg Information Service juga menyarankan kita untuk menyimpan telur di tempat yang jauh dari makanan yang berbau kuat seperti daging mentah karena tekstur cangkang telur yang berpori bisa saja menjadi jalan untuk kontaminasi.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa untuk menjaga kualitas dan kesegaran telur saat disimpan, ada baiknya kita menempatkan telur di suhu sekitar 20 derajat Celcius. Sementara itu, jika kita termasuk dalam orang yang hobi membuat telur orak-arik dan sejenisnya, ada baiknya kita mengeluarkan telur dari dalam kulkas dan mendiamkannya terlebih dahulu selama 30 menit sebelum mengolahnya. Dengan melakukannya, kulit telur tidak akan mudah retak akibat dari perubahan suhu yang mendadak.

Sumber : Dokter Sehat

About Author

Admin portalentebe
Admin portalentebe

Author & Editor

Gerbang Informasi Dari NTB.