01 November 2017

Pemkot Rancang Penataan Taman Loang Baloq

Portalentebe.com - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, merancang penataan kawasan objek wisata Taman Loang Baloq di Kecamatan Sekarbela yang terkesan tidak terurus sejak ditinggal investor.

“Kondisi Taman Loang Baloq semakin semerawut sejak investor membatalkan rencana pembangunannya di kawasan tersebut,” kata Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Rabu.

Terkait dengan itu, pemerintah kota menargetkan tahun 2018, kawasan Taman Loang Baloq harus diintervensi secara menyeluruh, baik untuk penataan pedagang kaki lima, maupun ruang terbuka hijaunya.

Untuk melakukan intervensi tersebut, saat ini pihaknya telah meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk menyusun perencanaan penataan Taman Loang Baloq.

“Saya juga telah meminta agar bangunan yang sudah dibangun investor dibongkar, karena konstruksi bangunanya tidak jelas menambah semerawut,” katanya.

Taman Loang Baloq merupakan salah satu pusat rekreasi, edukasi sekaligus ruang terbuka hijau (RTH) di Mataram, untuk mendukung keberadaan wisata religi Makam Loang Baloq yang berada tepat di depan taman.

Karenanya, kawasan Loang Baloq menjadi salah satu pusat perayaan tardisi “Lebaran Topat” atau ketupat yang diperingati tujuh hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Dimana sebelum dilaksanakan perayaan dalam bentuk kesenian, dilaksanakan ritual “nyekar makam” di Makam Loang Baloq, dilanjutkan dengan tradisi “ngurisan” atau cukur rambut bayi, serta pemotongan “topat” raksasa sebagai simbol perayaan “Lebaran Topat”.

Makam Loang Baloq merupakan salah satu makam yang dikeramatkan warga di Pulau Lombok, sehingga setiap akhir pekan makam tersebut ramai dikunjungi oleh warga dari berbagai wilayah.

“Puncaknya pada saat Lebaran Topat dan musim haji. Setelah melakukan prosesi nyekar, peziarah biasanya langsung berekreasi di Taman Loang Baloq,” ujarnya.

Karenanya, untuk memberikan kenyamanan bagi para peziarah maupun pengunjung, Taman Loang Baloq harus segera dilakukan penataan kembali.

Sumber : Lombokita

About Author

Admin portalentebe
Admin portalentebe

Author & Editor

Gerbang Informasi Dari NTB.