08 November 2017

Merokok Bisa Membuat BAB Semakin Lancar?

Portalentebe.com - Meskipun sudah menjadi rahasia umum jika merokok bisa memberikan dampak sangat buruk bagi kesehatan, tetap saja jumlah perokok di Indonesia masih sangat banyak. Salah satu waktu favorit bagi para perokok untuk menghisapnya adalah saat buang air besar. Menurut mereka, dengan merokok buang air besar menjadi lebih nyaman dan semakin lancar. Sebenarnya, apakah merokok memang bisa memberikan efek ini?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The De Brief menyebutkan bahwa rokok memang memiliki kandungan yang bisa membuat buang air besar menjadi lebih lancar. Kandungan tersebut adalah nikotin yang ada dalam tembakau. Meskipun dikenal sebagai racun yang bisa merusak kesehatan tubuh kita, nikotin ternyata termasuk dalam stimulan yang bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Selain itu, nikotin juga mampu membuat pikiran dan otot menjadi lebih tenang, rileks, serta fokus. Tak disangka, hal ini juga mempengaruhi otot-otot pada bagian organ pencernaan, khususnya usus, dan akhirnya membuatnya terstimulasi untuk berkontraksi dan mengeluarkan kotoran dengan lebih lancar.

Dengan menghisap rokok saat buang air besar, maka makanan bisa segera dicerna oleh usus. Tak hanya usus halus, nikotin juga mempengaruhi usus besar agar bekerja dengan lebih maksimal, khuusnya dalam hal mendorong sisa makanan menuju ke anus dan akhirnya memicu keinginan buang air besar dengan lancar tanpa perlu mengeluarkan tenaga terlalu banyak.

Hanya saja, meskipun terlihat bermanfaat dalam melancarkan buang air besar, pakar kesehatan sangat tidak merekomendasikan rokok bagi mereka yang mengalami masalah buang air besar mengingat kandungan beracunnya yang sangat tinggi bisa memicu datangnya berbagai macam penyakit mematikan. Jika ingin selalu lancar, ada baiknya memang kita memperbanyak asupan serat dari sayuran dan buah-buahan saja.

Sumber : doktersehat

About Author

Admin portalentebe
Admin portalentebe

Author & Editor

Gerbang Informasi Dari NTB.