08 November 2017

BI NTB Bantu Pemasaran Online Kepada UMKM

Portalentebe.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Nusa Tenggara Barat memberikan bantuan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk bisa memahami cara pemasaran produk melalui sistem daring atau “online”.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Prijono di Mataram, Selasa mengatakan bentuk bantuan yang diberikan berupa pelatihan pemasaran produk melalui “electronic commerce” kepada 250 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi binaan.

E-commerce merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

“Kami sudah memberikan pelatihan dalam rangka mendorong perluasan pasar produk UMKM dan peningkatan transaksi non-tunai dalam berbelanja di lingkup Pemprov NTB,” katanya.

Selain pelaku UMKM, pelatihan yang digelar Senin (6/11), juga diikuti industri perbankan, instansi lingkup Pemprov NTB, Komunitas Tangan Di Atas (TDA), akademisi dan mahasiswa dari berbagai universitas dan sekolah tinggi di Mataram.

Kantor Perwakilan BI NTB menghadirkan Co-Founder sekaligus CFO Bukalapak M Fajrin Rasyid.

Saat ini, kata Prijono, pemasaran produk dengan sistem daring sangat potensial. Pasalnya, jumlah pengguna internet di Indonesia, mencapai 132 juta pengguna atau lebih dari 51 persen dari total jumlah penduduk.

Sementara pengguna aktif telepon selular (ponsel) mencapai 92 juta orang dengan rata-rata setiap hari orang menggunakan ponsel selama 4 jam.

Tingginya penggunaan ponsel serta akses internet tentunya merupakan peluang yang harus dimanfaatkan dalam rangka peningkatan skala ekonomi khususnya para pelaku UMKM.

Menurut dia, peluang tersebut juga didukung dengan kondisi saat ini, di mana hampir semua pelaku UMKM memiliki “smartphone” berbasis android. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk berjualan secara “online” atau daring melalui berbagai “market place” yang telah tersedia.

Dengan penjualan secara “online” diharapkan produk UMKM dari NTB dapat diakses oleh masyarakat tidak hanya sebatas NTB, tapi juga di seluruh Indonesia.

“Selain itu, penjualan dengan sistem daring dapat mendorong penggunaan transaksi non-tunai dalam berbelanja, sehingga mendukung efisiensi dalam sistem pembayaran,” ujarnya.

Sumber : lombokita

About Author

Admin portalentebe
Admin portalentebe

Author & Editor

Gerbang Informasi Dari NTB.