26 Oktober 2017

Ditpolair NTB Gunakan Android Cegah “Illegal Fishing”

Portalentebe.com - Direktorat Polisi Perairan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat memanfaatkan perkembangan teknologi berbasis android untuk menekan tindak pidana perikanan di wilayah setempat.

“Dengan memanfaatkan teknologi, kita nantinya bisa menerima aspirasi masyarakat secara ‘real time’, anggota di lapangan bisa bergerak lebih cepat lagi,” kata Direktur Ditpolair Polda NTB Kombes Pol Edwin Rachmat Adikusumo di Mataram, Kamis.

Metode yang digunakan dalam memanfaatkan teknologi ini, yaitu dengan membagikan sarana telekomunikasi jenis telefon seluler berbasis android kepada kelompok masyarakat nelayan.

Namun pembagiannya tidak dilaksanakan secara menyeluruh, melainkan akan diberikan kepada kelompok masyarakat nelayan yang berada di kawasan yang rentan terjadi tindak pidana perikanan.

“Nantinya dilaksanakan dalam skala prioritas, diberikan secara bertahap ke kawasan yang marak terjadi tindak pidana perikanan, seperti di wilayah Sumbawa dan Lombok Timur,” ujarnya.

Rencana ini dicanangkan dan akan segera direalisasikan oleh Ditpolair Polda NTB, karena melihat tindak pidana perikanan di wilayah hukum setempat masih marak terjadi. Hal itu sesuai dengan catatan evaluasi dalam skala nasional bahwa wilayah perairan NTB menjadi peringkat kedua dalam tindak pidana perikanan.

“Terutama dalam kegiatan pengeboman ikan dan ‘illegal fishing’, kita nomor dua setelah Makassar,” katanya.

Sumber : Lombokita

About Author

Admin portalentebe
Admin portalentebe

Author & Editor

Gerbang Informasi Dari NTB.

0 komentar:

Posting Komentar