01 Januari 2017

NTB Tuan Rumah Festival Desa Benderang Informasi 2017

NTB Tuan Rumah Festival Desa Benderang Informasi 2017
Portalentebe.com - Tahun 2017 mendatang, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menunjuk NTB sebagai tuan rumah festival desa benderang informasi. Sebanyak 10.000 kepala desa (Kades) dari seluruh penjuru Indonesia akan hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua Komisi Informasi (KI) NTB, Ajeng Roslinda Motimori, S. Pt beberapa hari lalu di Mataram mengatakan tahun 2016 ini pihaknya baru saja mencanangkan desa benderang informasi publik di NTB.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Sehingga, pelaksanaan festival desa benderang informasi 2017, akan dilaksanakan di NTB.

“Komisi Informasi NTB bekerjasama dengan Kemendes dan Kemendagri menggagas festival desa benderang informasi  yang akan dihadiri 10.000  kepala desa se Indonesia,” ujarnya.

Ajeng menyebutkan, tahun 2017 mendatang pihaknya menglokasikan anggaran untuk mengawal desa benderang informasi. Dengan keterbatasan anggaran, pihaknya hanya mengambil dua desa percontohan yang akan dijadikan model.

“Yang akan dikawal langsung oleh Komisi Informasi Provinsi. Mengingat anggaran kami yang terbatas bagaimana mengawal 995 desa. Kami akan mengawal beberapa desa yang nanti akan diikutkan dalam festival desa benderang informasi tingkat nasional,” ujarnya.

Untuk pengawalan dana desa, kata Ajeng tiga kementerian dan KI Pusat akan menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB). Yakni Kementerian Kominfo, Kemendes PDTT, Kemendagri dan KI Pusat akan menerbitkan SKB tentang pengawalan dana desa. Mulai dari proses penganggaran dan pertanggungjawaban akan dikawal oleh KI.

“Kami dengan Komisi Informasi Pusat akan duduk bersama dengan tiga kementerian yaitu Kementerian Kominfo, Kementerian Desa dan Kemendagri untuk menerbitkan peraturan bersama nanti terkait dengan pengawalan dana desa,” ucapnya.

Tahun 2016, jumlah dana desa yang diperoleh NTB sebanyak Rp 600 miliar lebih. Kemudian tahun 2017, NTB perolehan dana desa meningkat menjadi Rp 800 miliar lebih. Dana desa ini diperuntukkan bagi 995 desa pada delapan kabupaten di NTB. (SN)

About Author

Admin portalentebe
Admin portalentebe

Author & Editor

Gerbang Informasi Dari NTB.

0 komentar:

Posting Komentar