28 Januari 2017

KCC Agendakan Diskusi Tangkal Radikalisme

KCC Agendakan Diskusi Tangkal Radikalisme
Portalentebe.com - Lembaga Konsorsium Community Center Lombok Utara (KCC) akan menggelar diskusi public membahas isu radikalisme. Diskusi publik itu akan digelar di aula Kantor Bupati Lombok Utara pada 30 Januari 2017 dengan tema "Strategi Menangkal Masuknya Pengaruh Radikalisme Teroris Di Kalangan Pemuda dan Pesantren".

"Sekitar 100 peserta dari kalangan pimpinan pondok pesantren, LSM, dan sejumlah organisasi kepemudaan lainnya akan kita undang untuk mengikuti kegiatan diskusi mendatang, Kita juga akan menghadirkan 4 narasumber dari berbagai kalangan, diantaranya Kemenag, Kesbangpol, tokoh agama, dan dari FKUB," ungkap Direktur KCC Lombok Utara, Marianto.

Marianto menilai diskusi publik untuk membedah tema ini sangat penting dilakukan karena melihat persoalan yang saat ini terjadi , sehingga diharapkan ke depan dapat mengubah pola pikir menjadi lebih baik terhadap masyarakat. Diskusi ini, menurutnya perlu dilakukan agar ke depan tidak salah dalam bertindak.

Pria yang akrab disapa Anton ini memandang saat ini umat Islam di wilayah NTB khususnya Lombok Utara, menghadapi dua tantangan yang harus mendapat solusi terbaik, yakni kecenderungan bersikap ekstrem dan ketat dalam memahami agama dan kecenderungan bersikap longgar dalam beragama dan tunduk pada prilaku peradaban lain.

Ia juga memandang berbagai stigma dilekatkan kepada Islam dan umat Islam seperti Islam diidentikkan dengan kekerasan, terorisme, fundamentalisme, radikalisme dan sebagainya. “Tentu bukan demikan dan harus diluruskan dengan baik,” singkatnya.

Menurutnya, lembaga pendidikan pesantren kerap menjadi sorotan atas kasus demikian, sehingga menjadi tantangan ke depan dalam upaya mereduksi tumbuhkembangnya radikalisme teroris di wilayah NTB, khususnya Lombok Utara demi terwujudnya situasi yang aman dan nyaman.

Dengan diskusi publik ini, kata Anton, ke depan dapat memetakan dan mengurai potensi ancaman radikalisme terorisme di Kabupaten Lombok Utara. "Peran Pesantren serta Toga dan Toma dalam mereduksi ancaman radikalisme, teroris di Lombok Utara perlu juga ditingkatkan," jelasnya. (*/Red)

About Author

Admin portalentebe
Admin portalentebe

Author & Editor

Gerbang Informasi Dari NTB.

0 komentar:

Posting Komentar