PEMERINTAH LOMBOK UTARA SALURKAN BANSOS 12 MILLIAR LEBIH

Kasi Penanggulangan Kemiskinan Dinas Sosial, Lasimudin, S.Sos
Portalentebe.com-Dinas Sosial Kabupaten Lombok Utara menyalurkan bansos kepada 609 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) pada Rabu (6/1). Total bansos yang disalurkan mencapai Rp. 12.180.000.000.

Jumlah kelompok tersebut terdiri dari 100 KUBE yang dianggarkan melalui APBD tahun 2015 Kab. Lombok Utara, sedangkan 509 KUBE yang lain adalah KUBE PKH yang mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi NTB dari anggaran Kementerian Sosial. Adapun besaran bantuan yang diterima adalah masing-masing KUBE yang terdiri atas 10 orang Rp. 20.000.000 perkelompok, maka perorang mendapatkan bantuan sebesar Rp 2.000.000.

Kasi Penanggulangan Kemiskinan Dinas Sosial, Lasimudin, S.Sos mengatakan bansos tersebut seharusnya disalurkan pada awal tahun 2015 lalu, namun karena proses verifikasi yang memakan waktu serta kegiatan pemilukada akhirnya penyaluran ditunda dan baru bisa disalurkan awal tahun 2016 ini.

"Seharusnya bansos ini disalurkan awal tahun lalu, namun karena verifikasinya makan waktu lama dan pemilukada akhirnya baru bisa disalurkan sekarang, kita tidak mau bansos ini dimanfaatkan untuk kepentingan politik", kata Lasimudin.

Dia juga menjelaskan pada pencairan bansos kali ini Dinas Sosial mendahulukan KUBE yang proposalnya masuk sejak tahun 2013 dan 2014, ada juga diantaranya yang masuk pada awal 2015. sementara jumlah proposal KUBE yang masuk pada 2015 kemarin lebih dari 400 proposal, selanjutnya akan diusahakan untuk diberikan bantuan pada 2016 ini dan sudah diajukan.

"Untuk proposal KUBE yang masuk tahun kemarin kita usahakan pada tahun ini, kuota dipengajuan itu kita tambah dari 100 KUBE pada tahun kemarin menjadi 150 KUBE di tahun ini", ungkapnya.

Dengan bantuan yang diberikan tersebut diharapkan akan mampu menurunkan angka kemiskinan yang mana berdasarkan perekapan terakhir masih tercatat sebesar 32% dari jumlah penduduk Lombok Utara. Dengan bansos ini diperkirakan angka kemiskinan menurun sekitar 3%.

"Melalui bansos ini pemerintah berharap angka kemiskinan akan menurun, dan untuk kegiatan kelompok KUBE itu akan kita pantau melalui pendamping yang sudah ditetapkan di setiap desa dengan dimintai laporan pertanggungjawaban setiap tiga bulan", ujarnya. (N/Red)
Komentari