DPR NTB DIDESAK SAMPAIKAN ASPIRASI PEMEKARAN PULAU SUMBAWA

UNJUKRASA MENDESAK PEMEKARAN PULAU SUMBAWA DI MATARAM
Portalentebe.com-Komite Pemuda Pemekaran Provinsi Pulau Sumbawa pada Rabu (6/1) berunjukrasa ke DPRD Provinsi NTB. Massa mendesak legislative NTB menyampaikan aspirasi agar pulau Sumbawa menjadi daerah otonomi baru.

Massa menyampaikan, perjuangan panjang rakyat pulau Sumbawa untuk memekarkan diri dari Provinsi NTB menjadi salahsatu daerah otonomi baru (DOB) kini semakin terang, dengan adanya pernyataan tegas dari Wakil DPR RI, Fahri Hamzah sekitar bulan November tahun lalu. Mengklaim bahwa PPS kini telah diprioritaskan di program legislatif nasional (Prolegnas) untuk dibahas di paripurna DPR RI.

Sikap inipun seakan menjadi harapan baru buat rakyat pulau Sumbawa, setelah sejak tahun 1999 silam ingin memekarkan diri dari daerah induknya. Tidak hanya itu, semangat semakin besar ketika 4 januari 2013 lalu Gubernur NTB menandatangani usulan pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa.

Berkas usulan itu sudah mencakup seluruh dokumen administrasi pendukung yang disiapkan provinsi induk seperti rancangan dukungan APBD Provinsi NTB masing-masing sebesar Rp. 8 Milliar untuk tahun pertama dan kedua untuk Provinsi Pulau Sumbawa. Selain itu, rancangan dukungan anggaran sebesar Rp. 9 milliar untuk penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur di provinsi itu. Dokumen rencana pelimpahan asset berupa tanah dan bangunan sebanyak 315 persil, juga telah rampung yang terdiri dari tanah senilai Rp. 45 milliar dan bangunan sebanyak 28 unit senilai Rp. 18 milliar. Bahkan dokumen tentang penyerahan sebanyak 3.054 orang PNS dari pemprov NTB kepada pemerintah Pulau Sumbawa juga sudah ada.

Atas dasar kesepahaman dan tujuan bersama, Komite Pemuda Pemekaran Provinsi Pulau Sumbawa menyatakan (1) Mendesak gubernur dan DPRD NTB untuk mendesak pemerintah pusat agar mengesahkan Provinsi Pulau Sumbawa, (2) Bangun persatuan gerakan rakyat pulau Sumbawa, dan (3) Provinsi Pulau Sumbawa adalah solusi kongkrit kesejahteraan rakyat pulau Sumbawa.

Saat menemui massa, perwakilan DPR NTB Baijuri dan Raihan menyampaikan bahwa aspirasi massa akan disampaikan ke DPR RI. Rencananya pada tanggal 18 Januari, ia bersama rombongan akan berangkat ke Jakarta. Salahsatu agendanya adalah untuk menyampaikan aspirasi agar pulau Sumbawa bisa menjadi provinsi sendiri. “Akan ke Jakarta rencananya pada tanggal 18 Januari 2016 untuk menyuarakan aspirasi, “ ungkapnya.

Usai mendapat tanggapan dari anggota DPRD Provinsi NTB, massa kemudian membubarkan diri dengan tertib. Namun sebelumnya, massa sempat menegaskan akan terus menyuarakan desakan sampai terwujud Provinsi Pulau Sumbawa.(Dee/Red)
Komentari