header ayodya lombok header rangga taxi lombok header bidari hotel dan spa lombok header hotel arca lombok header hotel alengka Gem Pearls Lombok

jelang pemilukada, polres lobar gelar simulasi pengamanan

By: admin -
simulasi polres lobar jelang pilkada ntb
LOMBOK BARAT-Kepolisian Resort (Polres) Lombok Barat-NTB, menggelar simulasi pengamanan terpadu jelang pemilukada NTB. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menguji kemampuan personil kepolisian dan memastikan semua peralatan pengamanan berfungsi baik.

Jauh hari sebelum puncak tahapan pemilukada NTB, Kepolisian Resort Lombok Barat tengah menyiapkan diri, secara fisik dan mental. Langkah ini dilakukan dengan menggelar simulasi bertempat di depan Kantor Inspektorat Lombok Barat dalam bentuk latihan Pra Operasi Pengamanan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Jum'at (12/4).

Kapolres Lobar, AKBP Yulianus Yulianto mengaku latihan ini berfungsi ganda, selain menguji kemampuan personil, latihan ini juga dimaksudkan untuk memastikan kondisi peralatan pengamanan masih berfungsi baik. "Simulasi ini laksanakan untuk menguji apakah manajemen operasional kepolisian sudah dijalankan dengan baik atau tidak. Sebagai bentuk kesiapan kepolisian latihan dan uji coba harus terus dilakukan," tegasnya.

Kegiatan latihan pengamanan dilaksanakan sesuai peraturan Kapolri No 9 Tahun 2011 serta Peraturan Kapolda NTB No 1 tahun 2012  terkait Dalmas Humanis. Yulianto berharap, latihan ini mampu menghasilkan output sistem pengendalian keamanan terpadu dan terjamin. Muaranya, pemilukada di NTB, dan keamanan di Lombok Barat khususnya, berlangsung tertib, aman, dan damai.

Selebihnya, lanjut Yulianto, pengamanan lain akan difokuskan menjaga  aset pemerintah dan fasilitas umum masyarakat.  Aksi-aksi unjuk rasa rawan menimbulkan konflik antar pendukung. Pihak kepolisian dalam hal ini akan berusaha mengambil langkah tegas. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pengamanan aset bisa diprioritaskan sebagian personil.

"Titik rawan jelang dan puncak pemilukada sudah kami petakan. Termasuk sejumlah titik yang berpotensi menimbulkan konflik sosial atau antar pendukung," tambah Yulianto.

Yulianto mengaku, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh orang-orang yang punya kepentingan pribadi dan bisa merugikan masyarakat banyak. Dalam hal ini pihaknya sudah melibatkan personil SABHARA Brimob Polda NTB. Personil Kepolisian Resort serta personil dari pihak Polsek Gerung. (Tim)
GENERAL CONTRACTOR

0 komentar "jelang pemilukada, polres lobar gelar simulasi pengamanan", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar