Logo BPPD NTB

JAJAK PENDAPAT : ELEKTABILITAS HARUM SEMENTARA MASIH UNGGUL

Diposkan oleh Label: di
calon gubernur ntb ?
MATARAM-Sejak ‘gong’ pemilukada NTB mulai ditabuh, sejumlah media on line melakukan jajak pendapat, merekam elektabilitas kandidat calon yang akan berpartisipasi di ajang pesta politik bumi gora ini.  Hasilnya, elektabilitas pasangan Harun Al Rasyid-Lalu Abdul Muhyi Abidin (HARUM) untuk sementara masih diunggulkan.

Perhatian masyarakat NTB mulai tertuju ke pasangan calon gubernur/wakil gubernur yang sudah menyatakan diri menjadi kandidat calon pemilukada NTB. Perhatian ribuan pemberi voting di media on line ini, setidaknya memberi gambaran kecil tentang elektabilitas kandidat yang kini tengah berbenah menjaring kepercayaan masyarakat. Diakui sejumlah pengamat politik, bahwa hasil survey tidak menjamin sang calon akan unggul di perolehan suara pemilukada. Namun, hasil jajak pendapat ini dapat memotivasi para kandidat bekerja lebih keras merebut simpati calon pemilih memberikan hak sauaranya di hari pencoblosan nanti.

Hasil jajak pendapat di sejumlah media on line, menunjukkan elektabilitas pasangan HARUM untuk sementara masih unggul. Per seribu responden, memberikan apresiasinya 41 persen ke pasangan HARUM, pasangan cagub Zulkifli Muhadly-M. Ichsan (zul-ichsan) 8,7 persen, dan 8,2 persen ke pasangan cagub TGB-Amin. Sisanya, memberikan dukungan ke calon perseorangan untuk tokoh Lalu Maryun, Farouk Muhammad, Suryadi Jaya Purnama, Zaini Arroni dan Ahyar Abduh. Apresiasi masyarakat ini, menunjukkan perhatian terhadap pasangan calon ini masih cukup baik. Tinggal bagaimana menjaga apresiasi responden ini tetap baik hingga hari pencoblosan berlangsung, 13 Mei mendatang.

Hasil jajak pendapat ini, tidak bisa dipungkiri memiliki keterbatasan dan tingkat kesalahan (margin error) masih cukup tinggi. Pasalnya, tidak bisa ditentukan jumlah vott yang diberikan oleh pengunjung media on line ini. Suara yang diberikan pengunjung juga diambil secara acak tanpa menentukan dari daerah mana si pemberi suara.  Hasil jajak pendapat ini setidaknya mampu memberi gambaran antusias warga calon pemilih terhadap calon pasangan.

Sementara itu, pasangan calon gubernur/wakil gubernur NTB yang sudah mendaftarkan diri ke KPUD NTB, dari pasangan HARUM dan Zul-Ichsan. Pasangan TGB-Amin berencana akan mendaftarkan dirinya pada Senin (11/1). (tim)
GENERAL CONTRACTOR
Poskan Komentar

Back to Top