Logo BPPD NTB

414 ORANG TEWAS AKIBAT LAKALANTAS

Diposkan oleh Label: di

wakapolda ntb, kombes pol. martono
MATARAM-Sebanyak 414 orang tewas sia-sia akibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dalam setahun terakhir di NTB. Kerugian materiil yang ditimbulkan mencapai tiga miliar rupiah lebih.

Kasus laka lantas yang menyebabkan jumlah korban tewas terbesar terjadi bulan Juni 2012. Data kepolisian daerah NTB, bulan Juni lalu, sebanyak 49 orang, meninggal sia-sia karena kecelakaan lalu lintas. Rata-rata orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 45 orang per bulan.

Angka kematian dalam kasus laka lantas ini tergolong cukup tinggi. Wakapolda NTB, Kombes Pol. Martono mengaku prihatin dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan puluhan jiwa melayang setiap bulannya.

Selain menyebabkan korban jiwa, kasus laka lantas ini juga menyebabkan kerugian material cukup besar. Dalam setahun terakhir kerugian materiil yang ditimbulkan dari kasus ini mencapai tiga miliar rupiah lebih. "Kalau masyarakat pengguna jalan lebih hati-hati dan taat pada peraturan lalu lintas, tentu tidak akan menyebabkan kerugian sebesar ini," tegas Martono.

Dalam kesempatan yang sama, Martono, berpesan agar masyarakat pengguna jalan lebih berhati-hati mengendara di jalan raya. Menggunakan helm dan sabuk pengaman juga penting. Dan harus selalu dikenakan masyarakat pengguna jalan di jalan raya. 

Kedepan, jajaran kepolisian daerah NTB akan berusaha mengantisipasi dan mengurangi tingkat kasus laka lantas. Diantaranya dilakukan dengan meningkatkan patroli dan penjagaan di kawasan rawan kecelakaan. Sebisa mungkin jumlah rambu-rambu lalu lintas juga akan ditambah di sejumlah titik rawan kecelakaan. (Mik).
GENERAL CONTRACTOR
Poskan Komentar

Back to Top